Kontrol Kalori Dengan Jalan Kaki 2 Jam Sehari

Berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh dalam sehari? Anda harus mulai menjaganya dari sekarang. Kelebihan kalori dapat mengakibatkan obesitas (kegemukan), meningkatkan resiko penyakit jantung, penurunan kinerja paru – paru dan meningkatkan resiko penyakit mematikan lainnya.

Rata – rata kebutuhan kalori manusia adalah 40 kalori per kilogram berat badannya. Jadi misalnya Anda seorang wanita dengan berat tubuh 60 kg, maka Anda hanya butuh : 40 kalori x 60 kg berat badan = 2.400 kalori.

Apabila Anda dalam sehari mengkonsumsi:
Sarapan pagi: Nasi uduk + empal goreng + emping + segelas jeruk panas= 1.275 kalori
Makan siang: Nasi padang + rendang/ayam gulai + es teh manis= 1.000 kalori
Makan malam: Nasi + Fried chicken + french fries + minuman soda= 1.400 kalori
Total kalori yang masuk= 3.675 kalori

Berarti Anda mempunyai kelebihan kalori sebanyak 1.275 yang harus dibuang. Ini pun belum termasuk ”ngemil” yang suka Anda lakukan.

Ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kalori Anda:
Kurangi jatah makan Anda.
Jika tadinya kita makan 1 piring nasi, bisa dikurangi menjadi ½ piring nasi. Usahakan makan malam lebih sedikit daripada sarapan dan makan siang, karena makanan yang kita konsumsi pada malam hari tidak akan dibakar oleh tubuh. Jika Anda masih lapar, Anda boleh mengganti menu Anda dengan buah – buahan.

Perbanyak latihan fisik.
Anda bisa melakukan gerak tubuh apa saja untuk membakar kalori Anda. Berjalan kaki lah minimal 2 jam per hari, sehingga bisa membakar sekitar 600 kalori dalam sehari. Banyak cara bisa dilakukan, dari mulai berjalan santai di pagi hari, sampai membiasakan diri sering – sering berjalan kaki di tempat tempat kerja Anda.

Anda juga bisa memilih latihan fisik lainnya yang Anda sukai, seperti: Aerobic (-750 kalori /jam), olahraga basket (-800 kalori /jam), bersepeda (-400 kalori /jam), dancing (-300 kalori /jam), futsal (-800 kalori /jam), jogging (-750 kalori /jam), berenang (-700 kalori /jam), dan berjalan kaki (-300 kalori /jam).

Bersihkan perut.
Sisa makanan yang tidak terbuang akan menambah beban liver, sehingga kinerja liver akan menurun dalam membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Usahakan untuk selalu BAB teratur setiap hari. Paling tepat jika Anda membiasakan diri mengeluarkannya setiap pagi. Bagi yang tidak terbiasa, bisa dibantu dengan perbanyak makan sayur dan buah, serta minum VitaCharm 4 – 5 botol sehari.
Memang tidak mudah dalam mengubah kebiasaan kita, namun kita harus mulai dari sekarang supaya kita bisa terhindar dari penyakit degeneratif dan penyakit mematikan lainnya. Dengan disiplin dan fokus pada tujuan, pasti Anda bisa mengatasinya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s